Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Aplikasi Kasir atau Point of Sale (POS) Berbasis Cloud

Manfaat Aplikasi Kasir atau Point of Sale (POS) Berbasis Cloud - Ketika "Cloud" pertama kali muncul, orang-orang bersemangat dan bingung. Apa ciptaan baru yang misterius ini? Mungkinkah ini tempat yang aman untuk menyimpan informasi sensitif saya? Di mana tepatnya data saya disimpan dan bagaimana cara mengaksesnya?

Ini adalah pertanyaan yang valid, dan skeptisisme sehat yang dimiliki banyak orang ketika mendekati cloud dibenarkan. Tapi sekarang waktu telah berlalu. Semakin banyak perusahaan, terutama di point of sale, meluncurkan penawaran berbasis cloud sepenuhnya, atau setidaknya sistem hybrid yang berjalan sebagian di cloud. Keamanan terus meningkat, dan kemudahan mengakses dan memodifikasi informasi Anda dari jarak jauh dan menjaga bisnis Anda tetap berjalan selama pemadaman internet bukanlah hal yang revolusioner.

Baca juga: Top 3 Aplikasi Kasir atau point of Sale (POS) Kedai Kopi Terbaik untuk Kafe

Jika Anda memiliki sistem POS tradisional, data yang dikumpulkan selama setiap hari kerja (persediaan, akuntansi, waktu karyawan, dll.) adalah jaringan internal. Server lokal ini sangat rentan terhadap kegagalan, sering kali memungkinkan Anda untuk dengan lembut mengembalikan mesin yang tidak bernyawa ke urutan kerja sementara pelanggan menunggu dengan tidak sabar. Di dunia yang serba cepat ini, penundaan tidak hanya merugikan bisnis klien yang sudah ada, tetapi juga rasa hormat dari klien potensial.

Ada banyak alasan lain untuk memilih perangkat lunak berbasis cloud daripada alternatif penginstalan lokal tradisional. Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa keuntungan memilih aplikasi kasir atau point of sale (POS) berbasis cloud.

Manfaat Aplikasi Kasir atau Point of Sale (POS) Berbasis Cloud


1) Biaya awal yang rendah


Dengan perangkat lunak tradisional, Anda harus berurusan dengan perangkat keras dan biaya lisensi yang mahal, ditambah biaya pemeliharaan tahunan yang mengganggu untuk peningkatan yang dapat membuat Anda kehilangan ribuan dolar sebelum Anda melakukan penjualan pertama. Selain itu, pelatihan ekstensif terkadang diperlukan untuk mendidik karyawan dan sistem Anda tentang fitur keamanan baru.

Baca juga: 3 Aplikasi Kasir atau Point of Sale (POS) Restoran Gratis

Di sisi lain, dengan aplikasi kasir atau point of sale (POS) berbasis cloud, Anda membayar biaya bulanan, dan dalam banyak kasus, perangkat lunak diperbarui secara otomatis tanpa biaya tambahan. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer atau tablet yang terhubung ke Internet dan pembaca kartu kredit untuk memulai. Jadi, alih-alih menghabiskan waktu, uang, dan upaya untuk pembaruan dan pelatihan, Anda dapat berfokus pada peningkatan penjualan dan investasi dalam peningkatan peralatan. Bagi pemilik bisnis yang baru memulai, keputusan untuk menggunakan aplikasi kasir atau point of sale (POS) berbasis cloud itu mudah.

2) Akses multi-perangkat


Sebagian besar dari kita sekarang sangat terbiasa memiliki informasi di ujung jari kita. Jika kita ingin tahu berapa banyak cangkir dalam satu liter, atau siapa yang membintangi Glengarry Glen Ross, kita bisa langsung tahu. Tetapi dengan sebagian besar sistem POS lokal, Anda harus berada di lokasi untuk mengakses informasi perusahaan - seperti manusia gua. Jelas, aplikasi kasir atau point of sale (POS) berbasis cloud memungkinkan Anda untuk mengakses data kapan saja dan di mana saja melalui koneksi nirkabel. Anda dapat menggunakan Mac, PC, iPad, iPhone, atau smartphone Android untuk mengelola pesanan, memproses transaksi, melacak karyawan, atau melakukan hal lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Navigasi bawaan ini berguna bahkan dalam pekerjaan Anda yang sebenarnya. Sistem berbasis cloud memungkinkan karyawan menggunakan tablet untuk menavigasi dan menerima pesanan dari mana saja di toko. Jadi Anda dapat dengan mudah mengoperasikan antrean panjang pelanggan di toko ritel, atau Anda dapat mengirim pesanan langsung dari meja ke dapur restoran dengan layanan lengkap yang sibuk. Hal ini dapat mempercepat penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3) Kompatibilitas dengan beberapa sistem operasi


Pertanyaan "Apple atau Android?" Cukup untuk memicu diskusi yang hidup bahkan untuk yang paling paham teknologi. Untungnya, tergantung pada sistem POS berbasis cloud yang Anda pilih, Anda akan memiliki beberapa opsi. Beberapa untuk perangkat iOS, beberapa untuk perangkat Android, dan beberapa sepenuhnya berbasis web dan tidak akan membiarkan Anda memilih sisi.

4) Perlindungan data


Keindahan cloud adalah tidak ada data Anda yang disimpan di komputer lokal Anda. Ini berarti bahwa tidak ada tsunami, badai, atau virus komputer yang dapat menghentikan kesuksesan bisnis Anda - setidaknya dalam hal POS Anda.

Baca juga: 5 Fitur yang Harus Diperhatikan dalam Aplikasi Kasir atau Point of Sale untuk Tablet Android

Ketika perusahaan pertama kali mulai menawarkan solusi berbasis cloud, keamanan jelas menjadi perhatian utama. Tetapi informasinya dienkripsi, dan dalam banyak kasus, data yang disimpan di cloud sekarang lebih aman daripada di server tradisional.

5) Pekerjaan online dan offline


Apa yang terjadi ketika koneksi internet Anda terputus? Ini bukan akhir dunia! Semakin banyak perusahaan POS memastikan bahwa sistem mereka menawarkan setidaknya beberapa fungsi offline. Ketika server tradisional gagal, bisnis Anda benar-benar berhenti. Namun dengan cloud, Anda masih dapat mengakses sebagian besar fungsi dasar di tempat penjualan, termasuk kemampuan untuk melanjutkan pemrosesan pembayaran kartu dalam banyak kasus. Informasi kartu kredit diantrekan hingga koneksi dipulihkan.

6) Integrasi dengan perangkat lunak pendukung


Sebagian besar sistem aplikasi kasir atau point of sale (POS) berbasis cloud terintegrasi secara mulus dengan perangkat lunak pelengkap lainnya, biasanya solusi e-commerce, akuntansi, CRM, atau pemasaran email. Anda biasanya dapat menemukan daftar integrasi yang kompatibel di situs web penyedia POS. Beberapa perusahaan menawarkan ratusan opsi dan dapat membantu memenuhi jenis bisnis yang paling spesifik sekalipun. Open API juga menjadi lebih populer, memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi dan integrasi mereka sendiri di dalam program.

 

Posting Komentar untuk "Manfaat Aplikasi Kasir atau Point of Sale (POS) Berbasis Cloud"